Liburan Semasa Pandemi

Oleh: Hamimeha

https://pixabay.com/id/photos/pantai-laut-ocean-tropis-1236581/
Ilustrasi: Pixabay.com

Setelah setahun lalu penuh  tak keluar rumah sama sekali, dalam upaya menekan peningkatan angka korban Covid-19. Keluargaku, khususnya aku sering  merasa memilih waspada menghindar. Berdiam di rumah, melakukan aktivitas apa pun di rumah termasuk suami yang juga bekerja di rumah.

Namun sejak adanya new normal, bertepatan pascalebaran setelah dua kali Ramadan tak ada euforia aktivitas Ramadan sebagaimana biasanya. Nah, ketika lebaran dengan masa libur yang cukup panjang, kami berencana untuk trip tipis-tipis.
Meski sudah boleh melakukan aktivitas di luar rumah, akan tetapi jangan lengah ya. Aku pribadi punya kriteria tambahan saat akan keluar rumah, terutama buat liburan. Ada tiga kriteria tempat liburan yang aman dan nyaman dikunjungi saat pandemi.
1. Edukatif

    Karena kebutuhan liburan kali ini tak hanya untuk senang-senang, tetapi juga sebagai bentuk edukasi buat anak-anakku. Kami pilih tempat yang bisa mengasah kemampuan mereka baik dari sisi kognitif atau motorik, contohnya Kebun Binatang Surabaya (KBS). Kami mengajak anak-anak ke KBS dalam rangka mengenalkan hewan-hewan dalam bentuk aslinya.
    Biasanya kan anak hanya tahu melalui gambar atau video. Nah, dengan mengunjungi KBS mereka jadi tahu banyak jenis hewan di dunia ini. Atau di playground, biasanya anak-anak jadi bisa mengasah kemampuan motorik anak, seperti loncat-loncat, berlarian, dan bisa bermain bebas.
2. Terbuka

    Sebab masih pandemi sih, aku pikir tempat terbuka akan menjadi salah satu solusi agar kita bisa mengurangi faktor penularan virus Korona. Dan lagi, ruang terbuka membuat kita jadi leluasa dalam banyak hal.
3. Aman dan nyaman

    Ini penting ya! Pilih tempat yang menerapkan protokol kesehatan dengan ketat. Menemukan tempat yang aman juga nyaman secara fasilitas untuk kebutuhan; ibadah maupun makan.
    Alhamdulillah, dari ketiga kriteria tersebut membuat aku jadi lebih tenang. Sehingga, kami bisa liburan dengan fun. Sedikit pengalaman, ada tiga tempat yang sempat kami kunjungi. Yakni KBS, Happyland, dan Localist. Awalnya aku khawatir tidak bisa berkunjung ke KBS karena membawa bayi. Sebab, ada aturan bahwa anak dengan tinggi kurang dari 85 cm tidak boleh masuk ke sana. Nah, ternyata setelah mencari info, Alhamdulillah balita dengan tinggi 85 cm sudah boleh masuk. Ah, senang sekali baby dan balitaku. Mereka excited saat melihat beraneka ragam ikan. 

    Sedangkan Happyland adalah playground indoor. Kami memilih tempat ini karena terdapat beberapa tempat untuk anak bebas bergerak. Misal seluncuran, mandi bola, mainan masak-masakan, kuda-kudaan, dan banyak lagi. Terakhir, di Localist. Ini sebenarnya bukan tempat liburan. Melainkan tempat makan yang terdapat playground untuk anak nyaman di sana. Tenang, aman, dan nyaman. Alhamdulillah sekarang teman-teman bisa memilih tempat untuk liburan.*


* Diambil dari Pekan Karya (PK) pertama FLP Surabaya


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama