Embusan Napas yang Sama

 

Oleh: Fiona Rossi Ramadhani  

Ilustrasi sumber: pixabay.com

Bergabung dengan Forum Lingkar Pena Cabang Surabaya rasanya seperti bertemu dengan orang-orang yang mengembuskan napas yang sama. Untuk pertama kalinya dalam seumur hidup, akhirnya aku tidak menjadi “aneh”. “Aneh” karena lebih suka menyendiri bersama buku daripada harus menghadiri kerumunan dan keramaian. “Aneh” karena setelah sesi curhat sahabat atau sekedar diskusi dengan teman lama bisa menjadi bahan menulis melepas penat. Bahkan, ada pada suatu titik dalam hidup menulis menjadi media penyembuhan saat kehidupan jungkir balik dan porak poranda.

Kenyataan pahit yang ironis di negeri ini adalah, tidak banyak orang-orang yang berminat dalam dunia literasi. Padahal, literasi menjadi salah satu penentu penting tolok ukur maju atau tidaknya sebuah bangsa. Jadi, saat menemukan forum ini rasanya seperti bertemu dengan kawan lama. Kita bisa membicarakan banyak hal walaupun baru saja mengenal.

Tidak terasa, tahun ini adalah tahun kedua aku bergabung dengan forum ini. Saat aku ditanya apakah rasanya sesuai dengan ekspektasi ketika awal bergabung, pada awalnya sedikit menemukan ketidakcocokkan karena perbedaan latar belakang tapi kemudian saya menemukan ritme dan impian yang sama. Pada akhirnya aku tidak “aneh” sendirian. Kami “aneh” bersama-sama dengan minat literasi dan cara menulis masing-masing.

Saya harus akui, perjuangan untuk terus mengembuskan napas sama seperti mereka yang sudah menggeluti literasi lebih lama tentu saja tidak mudah. Banyak jalan terjal dan berliku. Berargumentasi, saling tidak setuju dengan pendapat satu sama lain sudah menjadi makanan sehari-hari. Namun, yang saya cintai dari forum ini adalah kita selalu menemukan jalan kembali pada tujuan. Tujuan kami masing-masing bergabung dengan forum ini dan tujuan besar forum ini sendiri. Tujuan yang selalu digaungkan dan menjadi dasar kami dalam melangkah, berbakti, berkarya dan berarti.

Tepat dua puluh lima tahun yang lalu forum ini berdiri. Gaung karya yang dilahirkan oleh forum ini sudah menginspirasi dunia. Ibuku dulu pernah berkata, bahwa sejatinya hidup ini bukan hanya tentang satu pencapaian. Tetapi, tentang bagaimana kita terus bisa melahirkan impian dan pencapaian baru. Karena hanya dengan begitu hidup yang singkat ini bisa bermakna.

Selamat seperempat abad Forum Lingkar Pena. Semoga, yang terbaik selalu melingkupi jalanmu dan selalu bisa melahirkan impian, inspirasi dan pencapaian baru. Untuk berbakti, berkarya dan berarti.

Sidoarjo, 13 Februari 2022


Pekan Karya: Edisi 16

Tema: Aku dan FLP


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama