Penataran Anggota FLP Surabaya: Mengenal Sejarah Organisasi Sendiri

Dokumentasi PAP

Forum Lingkar Pena (FLP) Surabaya kembali mengadakan Penataran Anggota dan Pengurus (PAP) pada Ahad (12/9) secara daring melalui aplikasi Zoom. Mengangkat tema “Menapak Jejak, Meniti Harap FLP Surabaya, mampu membangkitkan semangat para anggota untuk kembali memikirkan dan menginternalisasi nilai-nilai yang dimiliki FLP Surabaya. PAP diisi oleh Ratna W. Anggraini, selaku bagian dari tim Kaderisasi FLP Surabaya.

PAP dihadiri oleh seluruh perwakilan pengurus divisi di FLP Surabaya. Kegiatan ini diinisiasi oleh divisi Kaderisasi yang bertujuan untuk memupuk nilai-nilai yang dikembangkan oleh FLP Surabaya sejak berdirinya organisasi hingga sejarah singkat dan dinamika yang terjadi selama bertahun-tahun.

Ratna memberikan pertanyaan kepada anggota yang hadir sebagai bentuk refleksi 16 tahun perjalanan FLP Surabaya.

“Apa yang aku inginkan dari FLP? Apa yang aku harapkan untuk FLP? Sebenarnya untuk apa aku ber-FLP? Terutama di FLP Surabaya,” ujar Ketua FLP Surabaya tahun 2019-2021 ini.

Terselenggaranya kegiatan ini juga menghadirkan nuansa nostalgia bagi para anggota dan proses pengenalan bagi anggota baru agar pengurus FLP Surabaya dapat menelusuri kembali dan memberikan kontribusi terbaik untuk organisasi sesuai dengan teladan para pendahulu.

“Di sini (FLP Surabaya) kita tidak menyebut anggota per angkatan. Ketika Pramuda sudah menjadi Muda, maka kita adalah sama, anggota FLP Surabaya,” terang Ratna, ketika menjelaskan tentang keanggotaan.

Poster PAP

Kegiatan ini tentunya menjadi refleksi bagi kepengurusan FLP Surabaya untuk lebih memahami tupoksi (tugas pokok dan fungsi) serta hak-haknya di dalam organisasi, berikut dengan program kerja yang terlaksana.

Tercatat tidak kurang dari 20 pengurus FLP Surabaya periode 2021-2023 hadir dalam acara ini. Tidak hanya mendengarkan pemaparan dari pemateri, di sesi akhir acara, pemateri memberikan kesempatan bagi peserta untuk memberikan pertanyaan seputar FLP. Selain itu, peserta dapat menyampaikan kesan dan pesan serta harapan untuk FLP yang akan datang. Hasilnya, terdapat tiga peserta yang berhak mendapatkan hadiah dari pemateri, yakni Ihdina, Sava, dan Ririn yang telah menunjukkan keberanian untuk menjawab pertanyaan dari pemateri.(*APP)


*Aniditya Putri Prameswari

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama