Satukan Visi, FLP Berkunjung ke Balai Bahasa Jawa Timur



Literasi merupakan salah satu kebutuhan pokok masyarakat di era ini. Pasalnya, tingkat literasi seseorang dapat menunjukkan kemampuannya dalam mengolah informasi dan pengetahuan baru yang diterima. Masyarakat yang kurang memiliki pengetahuan dalam literasi, cenderung kaget melihat arus informasi yang sedemikian cepat. Walhasil, hoaks mudah ditelan mentah-mentah dalam sekali baca.

Melihat fenomena yang berkembang saat ini, Forum Lingkar Pena (FLP) Cabang Surabaya pada Jumat (22/11) menjadi salah satu peserta dalam rombongan kunjungan FLP Jawa Timur ke Balai Bahasa Jawa Timur. Kunjungan diadakan dalam rangka menyatukan visi FLP dengan Balai Bahasa. Sebagai Unit Pelaksana Teknis Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Balai Bahasa di antaranya menyelenggarakan fungsi pengkajian, pengembangan, dan pemasyarakatan bahasa dan sastra di Provinsi Jawa Timur. Tentu dalam pelaksanaannya, yang menjadi kunci realisasi fungsi adalah literasi. Hal ini sejalan dengan komitmen FLP dalam menyalakan literasi di Jawa Timur.





Kepala Balai Bahasa Jawa Timur, Drs. Mustakim, M. Hum menyampaikan bahwa pihaknya dapat memberikan fasilitas dalam bentuk pemateri maupun tempat untuk mengadakan workshop maupun seminar dalam kaitannya dengan bahasa, sastra, dan literasi. Selain itu juga disampaikan beberapa program kerja Balai Bahasa dan produk-produk yang dihasilkan. Balai Bahasa juga mengapresiasi FLP Jawa Timur yang tengah menunjukkan komitmennya dalam literasi dengan karya-karya yang dihasilkan.

Menurut Mustakim, literasi tidak hanya dipupuk melalui gemar membaca, juga melalui gemar menulis. Kebiasaan membaca dan menulis dapat dilakukan dalam berbagai tingkatan dan harus didukung berbagai pihak. Salah satunya melalui organisasi Forum Lingkar Pena. Diharapkan anggota FLP dapat berpartisipasi aktif dalam hal ini.

Saat kunjungan, Rafif Amir, Ketua FLP Jawa Timur juga menunjukkan beberapa karya anggota FLP, baik solo maupun antologi. Di antaranya adalah Antologi "Prejengane Kutho Suroboyo" karya FLP Surabaya, Kumpulan Puisi "Keranda Bangkai Cinta" karya Real Teguh pengurus FLP Jawa Timur, dan beberapa karya lainnya.

Kegiatan yang berkonsep sharing ini berlangsung selama dua jam dan diikuti oleh sebelas peserta, yang terdiri dari empat pengurus FLP Wilayah Jawa Timur, empat dari FLP cabang Surabaya, dan tiga dari FLP Cabang Sidoarjo. Acara dimulai pukul 13.30 WIB. Diawali dengan penyampaian paparan singkat dari Kepala Balai Bahasa Jawa Timur kemudian Ketua FLP Jawa Timur. Selanjutnya masing-masing peserta yang hadir diberi kesempatan untuk bertanya seputar literasi dan karya. (Suci Umi*)

*Suci Umi
Divisi Karya FLP Surabaya

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama