Intip 6 Potret Indahnya Air Terjun Blangsinga Bali

                                    Selain pantai, air terjun di Bali juga wajib kamu kunjungi

Oleh: Suci Umi

Pulau Dewata dengan sejuta pesona alamnya selalu berhasil menarik perhatian wisatawan. Di masa pandemi, Bali menjadi tempat yang diimpikan sebagian besar wisatawan lokal. Di tengah kebijakan PPKM Darurat, juga terdapat wacana seperti “Work Form Bali” menjadi salah satu upaya untuk meningkatkan minat wisata dan pemulihan ekonomi masyarakat Bali.

Objek wisata di Bali, di antaranya adalah pantai, pegunungan, sawah berundak, juga air terjun. Air terjun yang beberapa tahun belakangan sangat populer adalah Air Terjun Blangsinga. Buat kamu yang sudah bosan dengan wisata air asin di Bali, tepat sekali jika berkunjung di air terjun ini.

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_133457.jpg
Pemandangan Air Terjun Blangsinga

Air Terjun Blangsinga terletak di Banjar Blangsinga, Desa Saba, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar Bali. Air terjun ini kurang lebih 15 km dari pusat Kota Denpasar dan berdekatan dengan pusat pariwisata lainnya seperti Kuta dan Nusa Dua, dan juga pusat oleh-oleh khas Bali. 

Berikut adalah lima potret indahnya Air Terjun Blangsinga Bali yang harus kamu tahu agar nanti jika kondisi sudah terkendali, bisa kamu kunjungi.

  1. Tantangan menuju air terjun

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_132933.jpg
Anak Tangga Menuju Air Terjun Blangsinga

Untuk sampai di air terjun Blangsinga, wisatawan harus berjalan kaki menuruni banyak anak tangga. Hawa segar dan nuansa alami langsung dirasakan pengunjung. Pengunjung masih harus melewati batu-batu terjal agar mendapat spot terbaik untuk menikmati pemandangan air terjun ini. Namun ketika sampai, dijamin rasa lelah kamu benar-benar tidak sia.

  1. Nuansa tenang

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_133016.jpg
Pemandangan dari Tengah Air Terjun Blangsinga

Meskipun ketinggian air terjun ini berkisar 15 meter, akan tetapi debit airnya cukup besar. Gemuruh suara air dan percikannya menambah suasana tenang pengunjung. Di pagi hari, kamu bisa melakukan yoga atau meditasi di sini. Jangan khawatir banyak pengunjung, selain karena pandemic, Air Terjun Blangsinga memang baru mendapat intensi dua tahun belakangan. Sehingga tergolong sedikit dikunjungi wisatawan.

  1. Nikmati kesegaran airnya

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_133711.jpg
Kesegaran Air Terjun Blangsinga

Pada bagian bawah air terjun, kamu akan menjumpai cekungan yang mirip kolam. Cekungan ini terbentuk akibat derasnya debit air dari atas bukit. Kamu dapat bermain air atau bahkan mandi di cekungan ini. Air yang jernih dan segar akan kamu rasakan. Namun jika musim hujan dan debit air meningkat, tidak disarankan untuk mandi di sini, ya.

  1. Objek foto yang bagus

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_140456.jpg
Banyak Foto yang Dapat Diambil Dari Beberapa Sisi

Wisatawan yang sudah sampai di bawah air terjun akan terkagum-kagum dengan air terjun ini. Blangsinga memiliki debit air yang besar. Keindahan air terjun Blangsinga menarik banyak wisatawan untuk berswafoto. Banyak spot foto yang menarik untuk dieksplor keindahannya.

  1. Terdapat pusat kuliner dan oleh-oleh

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_132837.jpg
Salah Satu Restoran yang Ada Di Area Air Terjun Blangsinga

Kalau kamu lapar atau ingin makan kecil, tenang saja. Di sekitar Air Terjun Blangsinga terdapat beberapa tempat makan, mulai dari warung hingga restoran. Tempat makan ini menawarkan beragam menu khas Bali dengan suguhan pemandangan yang langsung menghadap kea rah Air Terjun Blangsinga.

Setelah menyantap makanan di sana, kamu bisa berswafoto di tempat ciamik ini. Selain itu, kamu juga dapat membeli oleh-oleh khas Bali, khususnya Blangsinga. Oleh-oleh tersebut merupakan hasil kerajinan tangan dari penduduk setempat. Kamu juga bisa menawar agar harganya tetap ramah di kantong, ya.

  1. Fasilitas lainnya

C:\Users\Annisa Putri Dewi\Documents\20210626_133743.jpg
Toilet yang Ada Di Area Air Terjun Blangsinga

Di area Air Terjun Blangsinga tidak hanya menawarkan restoran dan pusat oleh-oleh saja, destinasi ini sudah dilengkapi gazebo untuk beristirahat, ruang ganti, dan toilet.

Wisata ini buka mulai pukul 07.00 sampai dengan 18.30 WITA, dengan tarif hanya Rp 20.000/orang. Sedangkan untuk fasilitas umum seperti toilet, dikenakan biaya Rp3.000. Kamu juga dapat menambah tarif tambahan jika menggunakan fasilitas yang ditawarkan seperti spot foto dan jasa ambil foto.

Enam hal di atas bisa kamu jumpai langsung di wisata Air Terjun Blangsinga. Daripada penasaran, yuk langsung datang dengan protokol kesehatan, dan buktikan sendiri panoramanya. (*)

  Karya diambil dari Launching Pekan Karya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama